Mengatasi Wi-fi Android Tidak Bisa Terhubung Dengan Hot Spot


Mengatasi Wi-fi Android Tidak Bisa Terhubung Dengan Hot Spot
AkozoNETWi-fi Ponsel Android Tidak Terhubung Dengan Hot Spot - Wi-fi merupakan fitur yang sangat penting pada sebuah smartphone. Apalagi saat ini jaringan internet sudah sangat dibutuhkan oleh pengguna ponsel, dan wi-fi dapat sangat membantu karena mengurangi beban biaya pada paket internet. Selain itu, jaringan nirkabel wi-fi memiliki koneksi yang lebih stabil dan relatif lebih cepat dibandingkan dengan paket internet. Sementara spot wi-fi sudah mulai tersebar di area public center. Oleh karena itu, fungsi wi-fi tidak bisa di abaikan oleh seorang pengguna smartphone. 

Pada umumnya, ketersediaan hot spot di public center seperti taman kota, rest area atau tempat-tempat umum lainya sering dimanfaatkan para pengguna smartphone untuk mengakses intenet secara gratis. Tetapi pada beberapa kasus, seringnya mengakses banyak Id wi-fi akan meninggalkan history pada smartphone. Apalagi secara default, fitur wi-fi kita akan secara otomatis mendeteksi Id wi-fi yang tertangkap oleh perangkat. Hal ini biasanya akan menimbulkan masalah ketika smartphone kita sudah terlalu banyak menyimpan id wi-fi. Nah, berikut ini adalah ulasan beberapa masalah yang terjadi ketika wi-fi tidak bisa terhubung dengan hotspot.

History Id Wi-fi Penuh

Seperti yang sudah disampaikan di atas, penuhnya history dapat menimbulkan gangguan pada auto koneksi pada perangkat. Kendala ini biasanya juga sering ditemukan pada fitur bluetooth. Meskipun tidak semua perangakt memiliki kapasitas penyimpan id wi-fi yang sama, tetapi normalnya perangkat menyimpan 3 wi-fi id untuk dapat berjalan normal. Selebihnya, sebaiknya id wi-fi yang sudah jarang dipakai dihapus pada setingan "Jaringan Tersimpan". Rekomendasi lainnya adalah mematikan mode "Pemindaian selalu tersedia" pada smartphone agar tidak terus menerus mendeteksi WLAN yang terjaring oleh perangkat. Sehingga dapat dipastikan hanya mendapatkan jaringan WLAN yang memang dibutuhkan. 

Mengatasi Wi-fi Android Tidak Bisa Terhubung Dengan Hot Spot


Kesalahan Otentikasi

Masalah ini juga sering dialami para pengguna smartphone. Fitur WLAN pada ponsel akan terus berputar-putar dalam posisi "menghubungkan". Terkadang akan terus dalam posisi tersebut, tetapi kadang kala berakhir dengan peringatan "kesalahan otentikasi ". Hal ini bisa disebabkan beberapa faktor : 
  1. Kendala WLAN pada  modem router yang memang sudah rusak. Kamu bisa mengujinya dengan menghubungkan ponsel lain ke wi-fi. Jika tidak juga terkoneksi, berarti memang kerusakan/kesalahan setting terjadi pada router. Jika wi-fi dapat terkoneksi dengan smartphone lainnya maka kemungkinan lain adalah ponsel milikmu yang tidak terhubung terdapat kesalahan settingan. Solusinya adalah menghapus (lupakan) id wi-fi yang sudah tersimpan dan kemudian mengkoneksikan kembali dengan mengisi password baru. 
  2. Untuk kesalahan pada router (milik sendiri), kamu bisa mencoba untuk me-restart router (bukan reset) dan membiarkannya selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu cobalah untuk menghidupkan kembali tanpa ada satupun smartphone yang sedang dalam posisi terhubung. Biarkan selama kurang lebih 5 menit tanpa beban jaringan terhubung. Setelah itu silahkan menghidupkan WLAN pada smartphone mu. 

WLAN terhubung tetapi jaringan internet offline. 

Untuk kendala ini sebenarnya bukan merupakan kendala serius. Karena umumnya bisa diselesaikan dengan merestart ponsel dan kemudian menghubungkan kembali akan dapat menyelesaikan masalah ini. Tetapi pada beberapa kasus masih menyisakan problem seperti peringatan  “mendapatkan alamat IP” yang terus menerus. Jika masalah ini terjadi pada ponselmu, di sarankan untuk menggunakan aplikasi tool untuk memperbaikinya seperti "Fix WiFi". Kamu bisa mendapatkan salah satu toolnya di sini [ Fix WiFi | tested on LCrom, zen5, Lolipop dan Stockrom ]

Opsi kedua untuk mengatasi masalah ini adalah merubah mode DHCP menjadi IP statis. (Untuk kasus pada modem router milik sendiri) Hal ini untuk mengantisipasi jika permasalahan terjadi karena auto detect DHCP tidak berjalan baik sehingga menyebabkan WLAN tidak memberikan data jaringan yang benar. Tetapi perlu di ingat untuk pengaturan ini sebaiknya kamu sedikit memahami soal pengaturan IP statis. 

Pengaturan ini bisa kamu lakukan dengan masuk ke pengaturan "Menu" | "Setting/Pengaturan" | "Wireless and network" | "pengaturan Wi -Fi" | "Opsi Lanjutan" | "Gunakan IP Statis". Pada tahap ini kamu perlu untuk menghubungi operator terkait (ISP / Internet Service Provider) yang mengelola jaringan internetmu.  Selanjutnya kamu harus memasukkan IP Wireless Network, Gateway, Netmask, DNS 1 dan DNS 2. Jika kamu memasukkan data secara benar, maka wi-fi mu akan segera bekerja dengan baik.

Demikian sedikit penjelasan dan solusi masalah koneksi internet pada smartphone (troubleshoot pada smartphone android). Beberapa kendala mungkin belum terangkum dalam pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat. Salam !!





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengatasi Wi-fi Android Tidak Bisa Terhubung Dengan Hot Spot"

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan komentarmu