Cara Memaksimalkan Hasil Shoot Video Android


Cara Memaksimalkan Hasil Shoot Video Android
Cara Memaksimalkan Hasil Shoot Video Android 
Akozo.net | Cara Memaksimalkan Hasil Shoot Video Android - Mengabadikan moment penting dalam keseharian menggunakan smartphone tentu sudah menjadi kebiasaan umum saat ini. Tentu sobat selalu inginkan momen indah yang sobat abadikan menggunakan video rec di android memiliki hasil yang baik.

Cara Memaksimalkan Hasil Shoot Video Android 

Saat ini sudah banyak perangkat android dari yang murah hingga yang mahal menyediakan fasilitas kamera dengan resolusi tinggi dan fitur rekaman di dalamnya yang sebagian besar dalam format auto sehingga memudahkan pengguna android memanfaatkan fasilitas tersebut. Nah, fitur bawaan ini terkadang justru tidak sesuai dengan kondisi penggunaan sehingga malah membuat hasil kurang maksimal. Hal tersebut hanyalah salah satu kelebihan sekaligus kelemahan fasilitas rekam pada umumnya di smartphone. Nah untuk itu akozo akan berbagi tips bagaimana memaksimalkan fungsi kamera tersebut untuk foto maupun video.

Membersihkan Lensa

Hal yang sering dilupakan oleh para pengguna smartphone adalah perawatan pada perangkat hardware. Dalam hal ini yang sering di abaikan adalah perawatan pada lensa kamera. Padahal lensa adalah aspek utama dalam fitur rekam pada android. Seringnya meletakkan ponsel sembarangan tanpa cover, memasukkannya kedalam kantong saku dan tas tanpa pelindung, serta tangan yang kotor saat memegang ponsel dapat mengakibatkan lensa kamera menjadi kotor. Untuk itu perlu dilakukan perawatan dan pembersihan lensa kamera androidmu secara berkala. Bisa menggunakan tisyu maupun cairan pembersih khusus yang bisa kamu dapatkan di outlet android pada umumnya. Tetapi ingat untuk selalu hati-hati dalam membersihkan bagian lensa. Disarankan untuk melakukannya secara pelan dan lembut untuk menghindari lensa kamera tergores dan malah menyebabkan kerusakan lebih parah.

Pastika Microphone Tidak Terhalangi atau Tertutup Saat Melakukan Perekaman

Sebenarnya ini adalah prinsip sederhana. Karena ketika microphone tertutup maka tangkapan suara akan terhalang dana menyebabkan hasil rekaman suara kurang maksimal. Tetapi biasanya masih banyak yang melakukan kesalahan ini ketika melakukan perekaman. Pengguna tanpa sadar memegang bagian microphone dengan tangan. Untuk itu disarankan untuk memperhatikan posisi tangan ketika melakukan perekaman jangan sampai menutup michrophone agar suara bisa ditangkap dengan baik oleh perangkat.

Cara Memaksimalkan Hasil Shoot Video Android
Memegang Perangkat Menggunakan Kedua Tangan

Memegang Perangkat Menggunakan Kedua Tangan

Memang sepele dengan hal satu ini. Tetapi sangat disarankan untuk lebih meredam getaran pada saat melakukan perekaman. Karena megang perangkat menggunakan satu tangan bisa dipastikan posisi kamera tidak stabil sehingga menghasilkan video yang bergoyang. Berbeda jika perangkat dipegang menggunakan kedua tangan maka posisi kamera akan menjadi lebih stabil dan hasil menjadi lebih maksimal.

Cara Memaksimalkan Hasil Shoot Video Android
Selalu Posisikan Secara Horizontal

Selalu Posisikan Secara Horizontal

Memang Android memiliki fitur rotasi video yang bisa digunakan untuk video vertikal (Portrait) dan horizontal (Landscape). Tetapi untuk menghasilkan video yang baik dan enak di lihat, maka di sarankan untuk melakukan pengambilan gambar secara horizontal. Hal ini berkaitan dengan medium pemutar video (Video Player) baik yang ada di android maupun di PC, kebanyakan menggunakan format landscape sehingga akan tampak kurang maksimal jika video yang dibuat dengan posisi portrait karena biasanya akan ada blank hitam pada area kosong di pemutar video.

Cara Memaksimalkan Hasil Shoot Video Android
Manfaatkan Fitur  HDR [ High Dynamic Range ]

Manfaatkan Fitur  HDR [ High Dynamic Range ]

Fitur ini tidak dimiliki oleh semua seri dan merk android. Tetapi jika tidak ada fitur ini, disarankan untuk melakukan pengaturan kamera pada kualitas paling tinggi.

Hindari Menghadap Sumber Cahaya.

Tidak seperti perangkat video profesional, meskipun android memiliki fitur rekaman dengan penyesuaian cahaya auto, tetapi tetap tidak bisa mengatasi kontras cahaya yang berlebihan. Idealnya pengambilan gambar adalah membelakangi sumber cahaya sehingga selain obyek gambar tidak terlalu banyak bayangan, lensa kamera juga tidak akan mendapatkan cahaya yang berlebihan sehingga bisa diatasi oleh auto brightnes pada perangkat.

Pastikan Kondisi Baterai Android Terisi Penuh

Hal ini tidak ada kaitannya dengan kualitas hasil shoot. Tetapi tentu kamu tidak ingin ketika sedang asyik mengambil video, ternyata baterai android low. Tentu akan kehilangan  moment saat itu dan kita juga akan menjadi illfeel kan ?

Segera Pindahkan File Video ke PC

Meskipun saat ini SD Card untuk android sudah tersedia yang berkapasitas besar, tetapi disarankan utnuk selalu memindahkan file rekaman yang tidak urgent ke PC segera. Selain untuk melonggarkan kapasitas, hal ini juga membantu kinerja android agar tetap stabil dan tidak lag karena terlalu banyak data.

Hindari Peralihan Area Gelap-Terang Dalam Satu Shoot

Seperti kendala sebelumnya, fasilitas kamera di semua merk android memiliki kendala yang hampir sama pada penyesuaian cahaya secara berlebihan. Kecepatan respon auto brighnest dan contras masih cukup lambat. Sehingga dianjurkan untuk "Stop" atau "Pause" terlebih dahulu ketika kita berpindah dari tempat gelap ke tempat terang dan sebaliknya.

Tidak Perlu Pakai Zoom

Perlu diketahui bahwa fungsi zoom pada kamera android biasanya adalah secara digital. Artinya fungsi zoom sebenarnya adalah merenggangkan pixel gambar, bukan fungsi mekanis lensa seperti pada Kamera Poket ataupun DSLR. Hal ini menyebabkan gambar menjadi pecah dan tidak fokus. Untuk mengatasinya, fungsi zoom lebih baik dengan cara mendekati obyek ketika merekam.

Bergerak Secara Lembut dan Halus

Untuk satu ini diperlukan sedikit latihan sehingga kita terbiasa malakukan pergerakan yang halus ketika merekam. Tetapi tentu tidak akan sulit dipelajari. Dengan seringnya melakukan perekaman tentu reflek gerakan kita akan menjadi terlatih melakukan pergerakan secara lembut.

Nah, itulah tips memaksimalkan hasil shoot video android yang bisa kamu terapkan. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat berkarya sob..



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memaksimalkan Hasil Shoot Video Android "

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan komentarmu